Monday, September 19, 2016

Ukuran Bola dalam Sepak bola

Bermain sepak bola tentunya harus menggunakan perlengkapan ini. Ya, apalagi kalau bukan bola itu sendiri. Bola pada permainan sepak bola berbeda beda baik jenis ataupun modelnya. Walaupun terlihat sepintas sama ternyata terdapat ukuran, kualitas dan beberapa faktor lainnya. Namun para pemula biasanya memilih bola hanya berdasarkan desain dan warnanya saja. Artikel ini akan memberikan informasi tentang memilih bola yang tepat sebagai salah satu perlengkapan penting pemain sepak bola.

Memilih bola dalam sepak bola, kita perlu tahu dulu kondisi lapangan yang akan kita mainkan, apakah didalam ruangan atau di luar ruangan. Jika memang perlu didalam ruangan seperti futsal maka spesifikasi nya berbeda dengan kondisi bola untuk dilapangan karena bola pada futsal memiliki pantulan 30 % lebih rendah. Selain itu material bola ini dibuat seperti material yang mirip dengan bola tenis.

Soccer ball world Cup, bola piala dunia, model bola world cup
Model Bola yang digunakan FIFA pada sat World Cuo

Ukuran dan berat bola.

Ukuran bola pada sepak bola memiliki tiga tipe. Yang pertama adalah bola kecil yang digunakan untuk anak anakdibawah 8 tahun, memiliki garis lingkar 61 – 62 cm. Untuk anak anak berusia 8 – 12 tahun umumnya antara 65-66 cm dan untuk orang dewasa yang sesuai dengan ketentuan FIFA adalah 68,5 – 69,5 cm. Untuk berat bola permainan sepak bola adalah 420 – 445 grams. Namun ada juga yang menyebutkan sekitar 410 – 450 grams. Ukuran ini berlaku pada saat awal permainan dimulai.

Kebulatan Bola

Bentuk bola yang bulat dan sempurna merupakan faktor yang sangat penting karena selain dapat menggelinding dengan normal, mempermudah juiga pemain menggiring bola. Selain itu memiliki fungsi juga pada saat bola ditendang di udara, putarannya akan stabil seperti yang diharapkan. Memang agak sulit membuat bola bulat 100% karenanya toleransinya maximum 1.5% saja.

Tekanan Bola

Bola dengan kualitas yang baik memiliki isi tekanan yang sama antara sebelum dan sesudah bermain. Untuk tekanannya sekitar 0,4 – 0,6 atm atau 8-12 psi

Kemembalan Pantulan Bola

Pantulan sangat penting bagi pemain, terutama saat menghentikan bola setelah mendapat umpan panjang dengan kaki, dada atau kepala. Jika bola tidak terpental seperti yang diharapkan, pasti akan cukup merepotkan pemain. Sebaiknya ketika bola dijatuhkan ke tanah bola harus memiliki kemembalan sekitar 60% yang berarti ketika dijatuhkan 1 meter dari tanah maka akan memantul balik dengan ketinggian 0,6 meter.

Penyerapan Air

Sebuah material pada dasarnya menyerap air. Bola berkualitas baik hendaknya tidak yang menyerap terlalu banyak air karena tidak akan menggelinding dengan semestinya jauh, dan pemain pasti akan kesulitan. Standar serapan air rata-rata dari bola yakni tidak melebihi 15%.

Warna Bola

Pada dasarnya dalam FIFA, tidak ada aturan yang mengatur secara resmi tentang wanta pada bola. Hnya saja Hendaknya warna bola tidak boleh sama dengan waran lapangan bola, misalnya saja lapangan bola warna hijau maka bila yang digunakan tidak boleh berwarna hijau. Demikian juga saat lapangan tertutup salju sehingga digunakan bola berwarna merah atau orange untuk memperjelas posisi bola pada pemain. Namun biasanya hal ini jarang terjadi karena stadion sekarang sudah canggih sehingga salju yang turun pun tidak akan mempengaruhi lapangan bola.

Pentingnya bola dalam pertandingan sepak bola memang diperhatikan juga oleh FIFA karenanya untuk bola yang asli dalam laga terdapat logo “FIFA Approved” yang menjamin kualitas dan kenyamanan dalam bermain bola.

No comments:

Post a Comment