Monday, September 19, 2016

Gawang Standar FIFA dalam Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola, gawang merupakan salah satu unsur yang sangat penting dan tidak bisa dihilangkan.Dalam permainan ini harus memiliki dua gawang yang wajib tersediafungsi antara lain sebagai parameter untuk mengetahui apakah bola yang masuk menghasilkan nilai atau tidak. Didalam gawang terdapat jaring jading yang fungsinya adalah penahan bola ketika pemain mencetak gol jika pemain lawan berhasil memasukkan bola kedalamnya. Secara bentuk fisik tentu kita telah mengetahu bagaimana bentuk dari gawang sepakbola, yang terletak di setiap ujung tengah lapangan. Dengan yang persegi panjang yang terbuat dari tiang dari besi yang kuat sehingga tidak bergeser ketika ada tumbukan. Sebenarnya ada ukuran yang dibuat standar oleh FIFA untuk membuat sebuah gawang dan sudah menjadi standar internasional yang telah disepakati dunia. Biasanya aturan tersebut meliputi bentuk gawang, ukuran gawang, dan seberapa tahannya gawang tersebut.

Sebuah gawang sepak bola memiliki standar Internasional FIFA antara lain:

Ukuran tinggi gawang adalah 8 kaki dan lebarnya 24 kaki (atau tinggi 2.44 m, panjang7.32 m). Ukuran panjang dan tinggi gawang dihitung dari sisi dalam tiang sebuah gawang dan mistar di atasnya, bukan dari sisi terluar tiang. Ukuran tersebut sudah di bakukan di “17 Laws of The Game”. Untuk para pemain muda yang mulai menggunakan gawang sepak bola ini adalah yang berumur 13 tahun keatas. Untuk jaring jaring pada gawang memiliki kerapatan 10 cm. Jarak ini tebilang cukup untuk menjaring bola agar tidak melaju jauh keluar lintasan. Posisi gawang berada tepat di tengah tengah garis gawang yang terdiri dari dua tiang yang bediri dan sebuah palang / mistar yang terpasang diatasnya. 

ukuran gawang FIFA, gawang menurut FIFA,, gawang standar internasional
Gawang Standar FIFA dalam Sepak Bola
Mengenai ketahanan dari gawang , sebaiknya memilki bahan yang sangat kuat seperti kayu atau logam seperti besi atau baja atau beberapa material dengan persetujuan FIFA asal tidak berbahaya bagi pemain khususnya penjaga gawang. Diberi juga warna putih agar mudah dilihat oleh pemain. Selain itu bentuk permukaannya halus tidak boleh bergerigi atau memiliki ujung yang tajam. Gawang juga tidak boleh bergeser ketika permainan berlangsung. Biasanya gawang ditanam didalam tanah dan dibuat sedemikan rupa sehingga tidak mengganggu para pemain. 

No comments:

Post a Comment