Monday, September 19, 2016

Sepatu Pemain Sepak Bola

Dalam bermain sepak bola tentunya dibutuhkan perkengkapan untuk melindungi kaki agar tidak terluka. Sepatu sepak bola, yang disebut cleat adalah alas kaki dipakai saat bermain sepak bola. Bentuknya dirancang khusus untuk lapangan rumput sehingga memiliki paku (stud) di sol sepatunya untuk membantu cengkraman di lapangan dan tidak mudah tergelincir. Dari awal permainan bola diciptakan sudah didesain berbagai macam sepatu baik modelnya, bentuknya dan materialnya. 

Ternyata sepatu yang saat ini digunakan oleh para pemain sepak bola sebelumnya memiliki sejarah yang cukup unik. Awalnya pemain bola diijinkan untuk menggunakan sepatu jenis apapun di lapangan namun pada tahun 1863 FIFA mengeluarkan peraturan yang berbunyi "Yang tidak menggunakan sepatu dengan paku menonjol, lempengan besi, atau getah karet pada sol sepatunya tidak diperbolehkan bermain". Hal ini menarik perhatian beberapa para produsen sepatu . Awalnya hanya dalam skala kecil saja di Inggri namun sejak itulah Sepatu sepak bola mulai berkembang.

1800 - 1900

Di tahun tahun ini, sepak bola semakin populer di Inggris. Awalnya yang bermain sepak bolaakan mengenakan sepatu bot yang berat dan keras, Ini adalah pertama kalinya sepatu dengan ujung dari baja dan memiliki stud atau paku besi di bagian bawah untuk menjaga kestabilan di lapangan. Dan menjelang akhir tahun 1800 dibuat menggunakan bahan kulit yang tebal. Sepatu ini beratnya hampist setengah kg, dan bertambah dua kali lipat jika basar.

1900 - 1940

Model Sepatu bola masih standar mengingat tahun tahun ini adalah masa perang dunia. Walaupun demikian masih ada produsen sepatu sepak bola terkenal bermunculan, seperti Gola, Hummel dan Valsport.

1970 – 1980

Mulai terlihat banyak kemajuan yang signifikan dalam desain sepatu sepak bola. Di tahun 1070an terlihat perkembangan teknologi menghasilkan sepatu sepak bola yang lebih ringan dan lebih berwarna. Pada dekade ini penawaran sponsorship sepatu sepak bola mulai berjalan. Adidas mulai memimpin pasar sepatu sepak bola saat itu dan akhir tahun 1979 diperkuat statusnya dengan merilis Copa Mundial, sebagai penjualan terbaik sepatu sepak bola sepanjang masa. Pada periode ini banyak kulit alami yang dipergunakan dalam hal produksi material adalah kulit kanguru dan kulit sapi.

1980 - 1990

Dapat dikatakan sepatu sepak bola yang populer saat itu adalah Adidas Predator yang di disain oleh orang australia Craig Johnston. Beberapa produsen sepak bola yang terkenal pada dekade tahun ini adalah Umbrp, Lotto dan Kelme.

Sepatu Pemain bola,model sepatu bola, sepatu bola terbaru.
Sepatu Pemain Sepak bola dari tahun ke tahun

1990 -2000

Banyak Produsen dari sepatu sepak bola memperkenalkan berbagai jenis tipe sol sepatu sepak bola yang dapat meningkatkan keseimbangan pemainnya. Predator juga merilis produk terbaru mereka pada tahu 1994 dan sukses. Pada dekade ini juga diperkenalkan teknologi laser untuk menghasilkan pertama kalinya sepatu sepak bola yang dapat di sesuaikan dengan keinginan pencipta sepatu, tepatnya tahun 2006.

2010 -

Di ere permainan yang modern, pertandingan sepak bola semakin meningkat tempo permainannya dan cenderung lebih banyak teknik dalam mengolah bola. Produsen mulai banyak juga memperkenalkan kemajuan teknologi termasuk alas kaki yang ringan yang terbuat dari material khusus, shingga nyaman dan kuat. Saat ini banyak pemain sepak bola diseluruh dunia menggunakan personalisasi di sepatunya untuk meningkatkan penampilan mereka dan membuat mereka mudah diidentifikasi di ruang klub ganti. Umumnya yang dipersonalisasi adalah dengan nama, inisial, nomor atau logo klub. 

No comments:

Post a Comment