Sunday, September 18, 2016

Seragam Pemain Sepak Bola (Jersey)

Bermain bola tentunya memiliki beberapa peraturan baik peraturan dalam memainkan sepak bola, diluar lapangan bahkan sampai yang terkecil sekalipun, contohnya adalah perlengkapan pemain sepak bola. Perlengkapan para pemain sepak bola ini dilihat dari atas sampai bawah sehingga dalam pertandingan kecil kemungkinan untuk terjadinya cidera yang parah. Kali ini Saya akan membahas tentang perlengkapan pemain sepak bola yang paling mudah dilihat yaitu Jersey. Apa itu Jersey? Jersey adalah seragam pemain sepak bola yang menjadi khas dan unik baik dalam segi model, motif maupun warna sehingga dapat dijadikan identitas klub yang mereka usung. Namu sebelumnya kita lihat dulu asal usul Jersey yang dulu dengan yang sekarang. 

Dahulu kala, jauh sebelum permainan bola dikenal di Cina atau Eropa, Sepak bola pernah dimainkan oleh bangsa Mezoamerika purba sekitar 3500 tahun yang lalu. Saat bermain sepak bola mereka menggunakan beberapa aksesoris yang terbuat dari kulit binatang serta hiasan di kepala. Ada juga yang mennggunakan bulu dikepalanya. Dalam permainan itu mereka tidak menggunakan baju atasan alias bertelanjang dada namun dari pinggul ke bawah mereka menggunakan pakaian. Pada bagian kakinya tepatnya di bagian dengkul dan pergelangan kaki diberikan pelindung yang dibuat dari kulit. Di dalam bungkusan kulit tersebut terdapat kapas, kayu dan rotan. Mungkin untuk melindungi mereka dari bola yang jaman dulu dibuat dari material yang tidak se empuk sekarang. 

sepak bola jaman dulu, sepak bola jaman mesoamerica, sepak bola jaman mesoamerika
Ilustrasi Pemain Sepak Bola 3500 SM
Berlanjut ke sekitar akhir abad ke-18 dimana permainan sepak bola sudahb mulai populer di Inggris namun waktu itu belum ada aturan mengenai tentang seragam tim sepak bola. Para pemain sepak bola diperbolehkan dan berhak memakai pakaian yang mereka sukai. Hal ini tentunya akan menyulitkan wasit untuk mengatur jalannya pertandingan. Para penonton juga akan kebingungan mana tim yang mereka dukung. Tidak itu saja, para pemain sendiri juga tentunya kesulitan untuk mengoper bola ke rekan se tim karena sulitnya mengidentifikasi mereka.

Pada 1891 keluarkah aturan baru oleh otoritas sepak bola Inggris (FA). Mereka memutuskan bahwa klub-klub wajib memakai pakaian yang seragam. Awalnya mereka mendata warna dasarnya saja untuk seragam masing masing tim. Seragamnyapun tertutup, jadi menggunakan lengan panjang dan celana panjang dengan bahannya terbuat dari wol. Cukup berat apalagi jika hujan atau saat berkeringat. 

seragam bola jaman dulu, seragam pemain bola, seragam sepak bola dulu
Seragan Jersey Sebelum tahun 1900
Peraturan kemudian berubah lagi sekitar tahun 1920 an mengingat banyaknya klub baru yang muncul sehingga bisa saja terjadi pertandingan 2 klub dengan warna dasar yang sama. Karena itulah dibuat peraturan untuk masing masing club memiliki 2 seragam Jersey, saat dikandang (menjadi tuan rumah) dan saat tandang (menjadi tamu di klub lawan). Setiap tim harus memiliki warna seragam yang khas, baik motif, model dan warna.

Lambat laun jersey berubah ubah menurut kebutuhannya. Pernah juga diciptakan jersey yang serba mini kemudian tidak lama setelah itu kembali lagi ke bentuk yang longgar dan besar. Di tahun 2000 tepatnya saat ajang Piala Dunia 2000, Kappa, sebuah perusahaan italia yang bergerak dalam bidang pakaian olahraga, membuat inovasi baru. Mereka menggunakan bahan khusus dan model slim fit. Model ini didesain dengan material yang lebih menempel ke tubuh pemain sepak bola sehingga memudahkannya dalam hal pergerakan dan juga meminimalisasi pemain lawan untuk menarik baju. Selain itu juga dapat menampilkan sisi maskulin pemain tersebut, tentunya dalam hal ini adalah otot ototnya yang jadi lebih sedikit terlihat. Jersey terbaru ini didesain juga memiliki sistem distribusi ventilasi angin lewat panel berongga dari material bahan jersey tersebut.

seragam bola jaman saat ini, seragam pemain bola, seragam sepak bola terbaru
Seragam bola (Jersey) Saat ini
Berkembang lagi kemudian di tahun 2000 an , Jersey kali ini dibuat khusus untuk musim dingin, berkerah, berkancing dan lengan panjang. Namun setelah itu ditemukanlah ide untuk mengatasi rendahnya suhi dimusim dingin, yaitu kaos dalam yang menempel ke tubuh dengan material khusus sehingga pemain tidak merasa kedinginan.

Satu hal lagi yang hampir terlewatkan yaitu penomoran di punggung jersey pemain, nama dan sponsor. Hal in terjadi saat tahun 1920an, FA membakukan penggunaan nomor punggung pada jersey pemain. Dimulai dari nomor terkecil 1 yaitu untuk kiper. Sekitar tahun 1980 an, ada sebuah sponsor melirik ruang kosong yang ada di jersey. Waktu itu Hitachi mengontrak liverpool dan setelah itu mulailah marak perusahaan besar memberikan sponsor pada suatu klub. Ada juga klub sepak bola yang memasang sponsordi Jersey pemain sepak bola lebih dari satu, contohnya FC Basel memasang tiga merk. Namun sampai saat ini sepertinya hanya klub Persib Bandung yang memiliki logo sponsor terbanyak didunia yaitu 9 sponsor. Atau mungkin ada lagi?

Entahlah, namun yang jelas, perlengkapan sepak bola yang satu ini tak kalah menariknya hingga para penggemar masing masing klub ingin selalu ingin memiliki salah satu diantaranya terutama yang memiliki nomor punggung idolanya. 

No comments:

Post a Comment